Ekonomi Kreatif dan Game Sangat Butuh 5G Menparekraf Sandiaga Uno Menyatakan

Ekonomi Kreatif dan Game Sangat Butuh 5G Menparekraf Sandiaga Uno Menyatakan : Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno mengatakan bahwa kehadiran 5G dapat mendukung peningkatan Usaha Kecil, Mikro dan Menengah (MIPYMES), serta ekonomi kreatif seperti permainan di tanah air.

Saat peluncuran layanan 5G Indosat Ooredoo di Surabaya, Jawa Timur, Sandiaga Uno mengatakan 5G harus dimaksimalkan untuk menciptakan lapangan kerja dan peluang bisnis.

“Saya ingin pandemi ini membawa transformasi bagi UMKM lokal yang selama ini belum memanfaatkan teknologi dan digitalisasi,” kata Sandi di Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Kamis (16/9/2021).

Menparekraf Sandi mengungkapkan, transaksi e-commerce di Indonesia juga terus meningkat hingga mencapai Rp266,3 triliun pada 2020.

“Ini membuka peluang bagi pelaku ekonomi kecil dan mikro,” tambahnya.

Lebih lanjut, menurut Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, di Asia Tenggara, ekonomi digital Indonesia juga telah menunjukkan pangsa pasar 40 persen.

“Kami melihat sektor media digital terus tumbuh di tengah pandemi,” kata pria yang pernah menjabat Wakil Gubernur DKI Jakarta itu.

Menparekraf juga menambahkan, kontribusi ekonomi kreatif Indonesia juga mencapai lebih dari Rp 1.100 triliun dalam Produk Domestik Bruto.

Sandi mencontohkan, salah satu bagian dari ekonomi kreatif yang dirasa sangat membutuhkan layanan 5G adalah industri video game.

Sandi mengatakan, saat ini intervensi 5G sangat dibutuhkan mengingat video game merupakan sesuatu yang tidak dapat dipisahkan dari anak muda, dan dibutuhkan setidaknya 60 juta pemain di Indonesia.

“Perjudian itu (industri) besar, tapi masih didominasi produk dari luar negeri,” kata Sandi.

“Kami ingin industri kreatif dan digital kami tumbuh dan mengembangkan peran kecerdasan buatan dengan pendekatan baru, yaitu efek visual yang dihasilkan oleh anak bangsa.”

Ia juga ingin para pemangku kepentingan dapat membuat tingkat distribusi video game dan industrinya, serta aplikasi digital, menyentuh talenta terbaik Indonesia.

Dalam kesempatan ini, Sandi juga mengakui masih banyak daerah atau kota wisata dan kreatif yang belum tersentuh digitalisasi dan teknologi.

“Oleh karena itu, saya mendukung kehadiran teknologi 5G yang relatif cepat. Kita harus memaksimalkannya semaksimal mungkin untuk menciptakan lapangan kerja, peluang usaha, sehingga Indonesia bisa sejahtera, adil dan makmur,” pungkasnya.

Tags: #Game Mobile #Game Online #Games

Leave a reply "Ekonomi Kreatif dan Game Sangat Butuh 5G Menparekraf Sandiaga Uno Menyatakan"

Author: 
    author